3 Sayuran Yang DIbenci Anak-Anak dan Cara Mengolahnya

Sayuran merupakan momok yang menakutkan untuk anak-anak. Mengapa saya bisa mengatakan demikian, karena sayuran menjadi olahan makanan yang sangat dihindari oleh anak-anak. Berbeda dengan daging atau bahan makanan lainnya yang mayoritas anak-anak menyukainya.

Hal semacam ini seharusnya harus diatasi. Mengapa demikian? Karena mengkonsumsi daging secara berlebihan dan terus menerus itu tidak baik untuk tubuh. Anak-anak yang masih berada pada masa pertumbuhan seharusnya diberikan asupan yang seimbang, terutama dibiasakan untuk memakan sayuran.

Sayuran disini begitu sangat banyak manfaat dan khasiatnya untuk anak-anak lho sobat. Banyak sekali terkandung didalamnya vitamin, dan juga sayuran ini mengandung serat sehingga membuat pencernaan anak-anak menjadi lancar.

Manfaat Mengkonsumsi Sayuran Untuk Tubuh

Cara Mengola Sayuran Yang dibenci Anak-anak

Sobatku sekalian, sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa sayuran merupakan hal yang wajib untuk dikonsumsi manusia. Dengan begitu banyak khasiat yang terkandung didalamnya, menjadikan sayuran ini begitu penting untuk dikonumsi manusia. Kandungan yang ada pada sayuran diantaranya mulai dari protein, serat, vitamin, antioksidan, dan juga mineral.

Baca Juga: Cara Memilih Laptop Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Anak-anak sangat dianjurkan untuk sering mengkonsumsi sayuran karena bagus untuk perkembangan dan pertumbuhannya. Banyak sekali manfaat yang akan diproleh anak-anak ketika sering mengknsumsi sayuran, diantaranya:

1.    Menyehatkan Pencernaan
Sistem pencernaan menjadi penting bagi tubuh manusia, begitupun untuk anak-anak. Jika pencernaan sehat dan lancar, maka penyerapan nutrisi akan lebih optimal. Jika penyerapan nutrisi bisa dicapai dengan optimal, maka akan berdampak baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.
Dengan mengkonsumsi  sayuran yang kaya akan serat seperti sayuran dan buah setiap hari, maka akan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

2.    Asupan Gizi Jadi MeningkatSeperti yang sudah saya bahas sebelumnya di atas bahwa mengkonsumsi sayuran begitu penting karena banyak khasiat yang terkandung di dalamnya, termasuk salah satunya adalah gizi.  Dengan sering mengkonsumis sayuran setiap hari, yang kaya akan gizi maka akan menjaga tubuh manusia, begitupun juga anak-anak agar tetap sehat.

3.    Resiko Obesitas TeratasiDengan mengkonsumsi sayuran secara rutin, maka dapat mengurangi resiko obesitas. Seperti yang kita ketahui bahwa obesitas ini dapat memicu datangnya berbagai macam penyakit. Misalnya seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan masih banyak lagi.

Seperti yang sudah dibahas pada point pertama bahwa sayuran ini mengandung banyak serat yang baik untuk tubuh. Dengan kita sering mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayuran,  maka perasaan kenyang akan dapat dirasakan. Dengan hal itu, maka kita tidak perlu lagi menambah makanan karena sudah merasa kenyang dan bisa mengatasi obesitas.

Sayuran Yang Dibenci Anak-Anak dan Cara Mengolahnya
1.    Brokoli

Cara Mengola Sayuran Yang dibenci Anak-anak

Brokoli menjadi menu sehat yang seharusnya dibiasakan untuk dikonsumsi seseorang, terlebih untuk anak-anak. Mengandung banyak vitamin, serat, serta mineral yang penting, menjadi penyebab brokoli sangat baik untuk dikonsumsi. 
Dengan mengkonsumsi  brokoli dapat membangkitkan system kekebalan tubuh, dapat melawan kanker, membantu system pencernaan, memperkuat system saraf bagi sang Ibu dan juga Bayi, serta dapat membantu penderita depresi.

Cara Mengolah Brokoli
Melihat begitu banyaknya khasiat yang dihasilkan oleh brokoli, tentunya menjadi gambaran bahwa sangat penting untuk mengkonsumsi brokoli ini. Tapi, ada beberapa anak yang tidak suka dengan sayuran yang satu ini. Nah, mungkin para orang tua bisa lebih kreatif lagi dalam mengolah sayuran yang satu ini.

Sobat sekalian, olahan makanan berbahan Brokoli begitu banyak varian lho. Dengan varian yang macam-mcama ini bisa menjadi referensi untuk para orang tua, supaya bisa membuat makanan berbahan  brokoli yang bisa disukai untuk anak-anak. Mungkin saat ini sudah banyak tersebar di internet ataupun media social resep-resep makanan yang bisa dijadikan sebagai acuan bagi para oarng tua untuk membuat sebuah makanan.

Mungkin para orang tua bisa nih mengikuti salah satu rekomendasi saya, yaitu Buryam (Bubur Ayam) jagung manis + irisan Brokoli. Nah dengan reomendasi saya ini, kemungkinan besar anak-anak pasti mau memakannya, ya dikarenakn brokoli dimix dengan bubur, ayam, dan juga jagung manis.

Untuk resep cara membuatya, bisa sobatku sekalian lihat dan akses diinternet dengan kata kunci yang sesuai.

2.    Kubis Kecil

3 Sayuran Yang DIbenci Anak-Anak

Kubis kecil merupakan sayruan yang menjadi sumber protein, kalium yang baik, dan juga zat besi, selain itu kubis juga mengandung vitamin C dan juga serat, serta mengandung antioksidan.
Jika kita perhatikan dan lihat pada pembahasan paragraph diatas mengenai sumber kandungan yang ada pada kubis kecil, terliat jelas bahwa kubis kecil ini sangatlah baik untuk dikonsumsi, terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Akan tetapi sayuran yang satu ini kebanyakan anak-anak tidak menyukainya. Banyak anak-anak tidak menyukai sauran ini bisa jadi dikarenakan ketika kubis ini direbus atau dikukus, akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Baca Juga: Tutorial Membuat Martabak Manis Sendiri

Cara Mengolah Kubis Kecil

Sobat nisanfillah.com, karena banyak anak-anak tidak menyukai kubis kecil, tentu membuat para orang tua harus lebih kreatif dalam menghidangkan atau membuat makanan yang berbahan sayuran yang satu ini. Jika para orang tua bingung mmbuat makanan yang seperti apa, bisa dengan mencari di internet mengenai resep dan macam-macam olahan makanan berbahan kubis.

Mungkin yang biasa dibuat para orang tua yaitu sayur sop kubis. Nah sobat juga bisa menghidangkan dengan menu yang sama, akan tetapi dengan menambahkan sosis atau bakso didalamnya, dengan ini pasti anak-anak akan lebih suka dan mau untuk memakannya.  Selain sayur sop, dengan bahan kubis ini sobat juga bisa membuat menu martabak telur mini daun kubis/kol. Untuk resep dan cara membuatya bisa sobatku browsing diinternet, disana sudah lengkap untuk bahan sampai cara membuatnya.

3.    Jamur


3 Sayuran Yang DIbenci Anak-Anak

Mungkin banyak dari kita semua yang belum mengetahui apa saja nutrisi yang terkandung didalam jamur. Pada sayuran yang satu ini banyak sekali mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh manusia lho sahabat, nutrisi tersebut diantaranya adalah protein, vitamin B12, kalsium, dan juga zat besi. Jamur juga memiliki nutrisi yang biasanya terdapar pada susu, yaitu vitamin D.

Kandungan vitamin D dan kalsium yang ada pada jamur ini sangat baik untuk petumbuhan anak-anak, diantaranya untuk pertumbuhan tulang dan juga pertumbuhan gigi. Selain itu, kalsium yang ada pada jamur ini juga dapat membantu penyerapan zat besi yang mana dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah (eritrosit)

Baca Juga: Rekomendai Aplikasi Design Grapic Terbaik

Cara Mengolah Jamur
Dengan nutrisi yang sangat banyak ini, tentunya mengkonsumsi jamur itu menjadi penting untuk tubuh kita, terutama untuk anak-anak. Untuk menambah selera makan anak-anak terhadap jenis sayuran yang satu ini, tentunya para orang tua wajib dan harus lebih kaya lagi referensi untuk mengolahnya menjadi makanan.

Jamur Crispy Asam-Manis tentunya bisa menjadi referensi untuk para orang tua. Untuk membuat menu yang satu ini sangatlah mudah lho sobatku. Bukan hanya caranya yang mudah, bahan yang akan digunakan pun mudah untuk didapatkan pula disekitar kita.
Mungkin ini hanya satu contoh saja yang admin nisanfillah.com berikan, selain menu tersebut masih sangat banyak referensi menu yang lainnya.

Baik sobatku bloggerku, demikian artikel yang admin nisanfillah.com bisa sajikan, semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan untuk kita semunya. Kesempurnaan datangnya dari Allah swt, dan kekurangan berasal dari diri pribadi ini. Oleh karenanya kritik dan saran yang membangun dari sobat sekalian sangatlah kami nantikan, untuk terus memperbaiki dan mengembangkan blog sederhana ini. Sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel